Breaking News

Taste Of Java

Landmark Kudus

Listrik Kudus

Bupati Kudus

Tuesday 15 April 2014

Kuliner Kudus

Kuliner Kudus . Kudus is Taste of Java

Soto Kudus

Soto Kudus agak berbeda dari soto daerah lain. Soto Kudus mempunyai banyak taburan bawang dan mempunyai rasa yang kuat. Biasanya soto Kudus disajikan dalam mangkok-mangkok kecil. Dalam seporsi soto ayam berisi nasi putih yang ditambahkan taoge, irisan kol dan seledri, suwiran daging ayam, bawang merah dan bawang putih goreng. Kemudian disiram kuah yang kuning agak keruh, karena kuahnya manggunakan santan. Kalau tidak suka langsung dicampur, kita bisa minta agar nasinya dipisahkan. Untuk ayamnya, kedai ini hanya menggunakan ayam kampung. Di atas meja juga disediakan aneka pelengkap, ada sate telur puyuh, perkedel, sate kerang, sate hati ampela, paru dan masih banyak yang lainnya. Yang cukup terkenal adalah Soto Ayam PakDenuh yang terdapat di Jl. Agil Kusumadya, Soto Jatmi di Jalan Wachid Hasyim, Soto Ramidjan, Taman Bojana ( Jl. Simpang Tujuh ), Jl. Dr Lukmonohadi, depan Pasar Jember dan tempat lain di sekitar Kota Kudus.

Soto kerbau bisa didapat di Jl. Agil Kusumadya, Jl. Nitisemito, Jl. HM Subchan, Taman Bojana, depan Pasar Jember dan tempat lain di sekitar Kota Kudus.

Nasi Pindang Kudus

Nasi pindang ini seperti Rawon, menggunakan daging kerbau atau ayam, rasanya manis dan gurih. Bisa didapat di Taman Bojana dan lokasi lain di sekitar kota Kudus.

Lentog Tanjung

Lentog berasal dari kata pulen dan montog, yang merupakan definisi dari bentuk serta rasa lontongnya. Sedangkan untuk Tanjung, merupakan nama daerah dimana lentog ini mulai dikenal masyarakat. Maka terciptalah nama Lentog Tanjung yang kini sudah dikenal hingga ke beberapa kota lain. Lentog Tanjung juga menjadi salah satu makanan khas kota Kudus yang banyak digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Kudus. Biasanya lentog tanjung dinikmati sebagai menu untuk sarapan, terdiri dari 3 bahan utama, ada lontong yang dipotong kecil-kecil, sayur gori (nangka muda) dan lodeh tahu. Di sajikan di atas piring kecil yang dialasi daun pisang serta taburan bawang goreng, membuatnya semakin gurih saat disantap. Selain tampilannya yang sederhana, untuk memakannya juga tidak menggunakan sendok, namun menggunakan suru (sendok dari daun pisang). Meski tampilannya sangat sederhana, namun rasanya cukup menggugah selera untuk menambah lagi, karena porsinya tidak terlalu banyak. Sedangkan untuk lauk pelengkapnya, ada sate telur, irisan bakwan atau kerupuk. Kuliner yang satu ini memang cukup sederhana, harganya juga sangat bersahabat. Kalau ingin menikmati di daerah asalnya, bisa singgah ke desa Tanjung Gang I, Kudus. Di sebuah ruas jalan terdapat hampir 20 kios yang berjajar rapi menyajikan menu lentog tanjung. Biasanya lentog tanjung hanya bisa ditemukan dari pagi sampai siang hari, lebih tepatnya sekitar jam 6 pagi sampai sekitar jam 11 siang setiap hari. Lenthog bisa juga didapat di GOR Wergu Wetan dan sekitar Kudus.

Garang Asem Kudus

Jika anda berkunjung di Kudus jangan sampai terlewatkan untuk menyantap garang asem khas Kudus yang pedas dan maknyuss. Masakan khas Kudus ini diolah dari ayam kampung dipotong kecil-kecil dikukus dalam daun pisang, kuahnya diberi cabai rawit dan belimbing.yang memberikan rasa asam dan segar. Pokoknya maknyus. Ada 3 jenis garang asam yang tersedia di rumah makan ini, ada garang asam ayam, jerohan dan cakar ayam. Tidak perlu menunggu terlalu lama, garang asam yang masih terbungkus daun pisang dan mengepulkan asap sudah tersaji di atas meja. Ukuran porsinya cukup besar, cukup untuk dinikmati 2 orang. Ketika bungkusnya dibuka, aromanya sangat menggoda, irisan tomat hijau, cabai hijau dan bawang putih membungkus potongan ayam yang cukup kecil tapi banyak. Setelah mencicipi kuahnya yang bening, ada rasa asam, pedas dan menyegarkan, dagingnya empuk seperti dipresto.Lokasi : RM Sari Rasa, Jalan Agilkusumadya dari arah terminal induk Kudus ( arah Semarang ) lurus kiri jalan setelah kantor PLN berseberangan dengan Yayasan Jemaah Haji Kudus. Biasanya rumah makan ini mulai melayani para pengunjungnya setiap hari mulai dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Tapi untuk menu garang asamnya mulai tersedia sekitar jam 10 pagi, dan sebelum jam 7 malam biasanya sudah kehabisan menu ini.

No comments:

Post a Comment

Designed By